Membangun Kepercayaan Diri Untuk Menyempurnakan Pitching Startup-mu

bootcamp31

Bootcamp SYNRGY Accelerator sudah memasuki minggu terakhir. Dengan tema Amplify, kedelapan startup akan diperkuat dengan training-training seperti pitching preparation, media training dan how to presenting with impact. Ketiga hal ini sangat diperlukan oleh para startup untuk mempersiapkan demo day yang akan diadakan di bulan September.

Di hari pertama di bootcamp ketiga, dibuka oleh Eric Hendrickus (CCV BCA) yang membawakan Fundraising for Fintech. Sebagai Investment Associate CCV, Eric membagikan bagaimana cara pitch kepada VC. Menurutnya, memulai pitch dengan sebuah cerita yang realistis dan merupakan pengalaman pribadi. Selain itu juga perlu menjelaskan masalah yang akan diangkat. 

Selain itu Eric juga memberikan tiga highlight yang bisa diangkat dalam sebuah pitch startup, yaitu product and business model, market and competition, dan financials. Untuk demo day presentation, Eric mengatakan bahwa startup perlu untuk fokus pada ketiga hal ini. Terutama pada produk dan model bisnis dan bagaimana melalui produk tersebut bisa menyelesaikan sebuah masalah.

Di sesi kedua, Stefanie Suanita (CEO Catapa) menjelaskan mengenai Managing Resources for Startups: HR Tech to Boost Your Startups. Sebagai salah satu platform HR, Stefanie mengatakan bahwa You can’t do Idea, Product or Execution stage without People (HR). Manusia merupakan aset berharga. “Selalu berusaha untuk membuat karyawan nyaman dan senang bekerja di perusahaan kita. Itu juga pekerjaan dari seorang founders” jelasnya.

bootcamp32

Stefanie menjelaskan bahwa alur perekrutan dimulai dengan adanya kebutuhan pekerja dalam bidang tertentu, membuka lowongan kerja (pilih channel yang ingin dipakai), menyusun data kandidat yang sudah masuk, menyaring kandidat, lalu menerima sebagai karyawan. Di bagian akhir, Stefanie mengatakan bahwa perencanaan tenaga kerja menjadi salah satu sumber daya yang perlu diutamakan dalam pengalokasian dana, “Alokasikan dana untuk sumber daya yang tepat itu ada untuk Customer Driven, Manpower planning, dan Invest on your people.” ungkapnya.

Setelah makan siang, Peter Shearer (Founder Wahyoo) berbicara tentang pengalamannya di Google Demo Days di Bangkok dan HongKong. Selain itu, Peter juga mengajarkan cara menyampaikan presentasi dan pitch dalam waktu yang sangat singkat. Confidence dan practice merupakan kunci utama yang Peter pegang dalam melakukan pitching. 

Dan di sesi terakhir, kedelapan startup diajak untuk praktek pitching bersama dengan Hadi Othman (CEO Recap). Tidak jauh berbeda dengan apa yang disampaikan Peter Shearer, Hadi juga mengatakan bahwa semakin banyak melakukan latihan pitch akan semakin bertambah kepercayaan diri. Hadi juga menambahkan bahwa saat akan melakukan pitch, perlu sekali untuk selalu bertanya-tanya kepada diri sendiri. Who, why, and what. Why do you pitch? Who are you pitching to? Do your best to know who you’re pitching to dan What do you want to say?

Dalam melakukan startup pitching, janganlah fokus untuk mendapatkan perhatian dari judges, tapi fokus pada penyampaian yang baik mengenai produk dan bisnis model serta bagaimana produk tersebut bisa menjadi penyelesaian masalah yang ada.