Kenali Cara Kerja Google Search dan Pengoptimalan Website

googlesearch1

Google Search memberikan insight cara kerja dalam mengoptimalkan SEO untuk menampilkan website pada hasil pencarian


Senin (19/08/2019) - Google merupakan mesin pencari terbesar di dunia termasuk di Indonesia. Hanya dengan memasukan kata kunci, mesin pencari akan menemukan segala data yang dibutuhkan. Dengan perkembangan digital, penggunaan search engines atau mesin pencari menjadi salah satu cara dalam mengoptimalkan marketing. Maka dari itu penting sekali untuk mengetahui bagaimana cara yang tepat dalam menggunakan Google Search ini.


Jumat (16/08), SYNRGY Innovation Hub menghadirkan Mahmud Omar Saladin (Webmaster Relations) sebagai pembicara yang menjelaskan cara kerja Google Search untuk mengoptimalkan SEO pada website.


“It cost nothing to appear in Google organic search result” membuka penjelasan Mahmud Omar Saladin bahwa tidak perlu biaya apapun untuk bisa keluar di hasil pencarian Google. Hanya perlu mengetahui cara-cara yang tepat untuk mengoptimalkan kerja Google Search. Amu, panggilan sapa Mahmud Omar Saladin, memberikan tiga hal penting dari kerja Google Search, yaitu Crawling & Indexing, Algorithm, dan Useful Results.


googlesearch2


Google menggunakan crawler web untuk menemukan informasi dari halaman web dan konten lain yang tersedia untuk umum. Selain itu sistem peringkat Google membantu menyortir ratusan miliar halaman web dalam indeks pencarian untuk memberikan hasil yang berguna dan relevan dalam sepersekian detik. Google Search juga akan lebih optimal dengan menggunakan Useful Responses melalui konten yang lebih variasi sehingga Google akan memberikan berbagai format untuk membantu menemukan informasi yang dibutuhkan dengan cepat.


Setelah itu, Amu juga memberikan enam hal utama dalam mengoptimalkan Google Search, yaitu quality content, search friendly, mobile friendly, fast, secure, dan structured data. Keenam hal ini akan jauh lebih maksimal jika dilakukan bersama dengan salah satu alat baru dari Google, yaitu Search Console. Alat ini akan membantu memastikan website terbebas dari masalah yang menghalangi penampilan website di hasil Google Search.


Bisa memaksimalkan kerja mesin pencari dengan mengetahui cara kerja mesin pencari itu sendiri akan sangat membantu memaksimalkan strategi marketing perusahaan melalui website. Maka dari itu, sebagai salah satu mesin pencari terbesar di dunia, Google Search selalu berusaha untuk memberikan insight bagi para user untuk terus mengerti cara kerja Google search dan membantu user mengoptimalkan website mereka pada hasil pencarian.