Strategi Digital Marketing di Era 4.0 dan Pengaruhnya Bagi Perkembangan Bisnis

digitalmarketing1

Kenali strategi digital marketing yang tepat bagi startup fintech maupun e-commerce


Selasa (13/08/2019) - Saat ini cara pemasaran bagi sebuah perusahaan telah mengalami pergeseran (perpindahan) dari traditional marketing promotion menjadi media digital promotion. Melihat perkembangan dari cara pemasaran produk bisnis ini, Acara Baru berkolaborasi dengan Accesstrade Indonesia mengadakan Talkshow: Growth Hacking Through Digital Marketing to Empower Your Business yang diselenggarakan pada Senin, 12 Agustus 2019 di SYNRGY Innovation Hub.


Pada kesempatan kali ini, Antoine Gross (General Manager South East Asia IMPACT RADIUS), Prayudho Raharjo, General Manager Accesstrade Indonesia, Yudhistira Ditya Pratama (Digital Manager Marketing Bukalapak), Bambang Triharto (Head of Ecommerce KALBE Store), dan Usman Raezra (Business Director Digenesia) hadir sebagai pembicara dan membahas mengenai pertumbuhan digital marketing dan strategi dalam memilih channel media promosi yang tepat untuk meningkatkan ROI.


Menurut Antoine Gross memiliki mitra kerja yang tepat menjadi salah satu alat andalan dalam sebuah marketing. Beliau mengatakan “Companies with mature partnership programs grow overall revenue faster than their peers and Partnerships are essential to reach a wide range of niches, that maybe individually aren’t that big, but when you add them all up - it becomes massive to reach all those pockets of users, that we hadn’t been able to reach with other channels”. Mulai dengan membangun relasi dengan media dan selalu bangun mitra kerja dengan orang-orang yang ditemui dimanapun.


Prayudho Rahardjo pun menambahkan bahwa adanya peningkatan transisi periklanan dan strategi marketing yang kian pesat. Hal ini membuat entrepreneur selalu berusaha untuk merubah strateginya agar mencapai tujuan utama marketing perusahaan. “Pentingnya memilih strategi dalam pemilihan media promosi atau channel yang tepat untuk meningkatkan Return of investment (ROI),” Jelas Yudho. Penggunakan pemasangan seperti iklan dari Facebook, Google, dan Affiliate marketing merupakan cara yang dipakai Accesstrade Indonesia dalam strategi marketing sejak tahun lalu.


digitalmarketing2


Sementara itu, Yudhistira Ditya Pratama menjelaskan bahwa penggunaan digital marketing akan terus populer di Indonesia. Hal ini terjadi akibat perusahaan yang dahulu menjual produknya secara offline kini mulai menggunakan platform digital. "Adopsi pemasaran secara digital akan terus meningkat”, ungkap Yudha. Salah satu strategi pemasaran yang digunakan oleh Bukalapak adalah Gamification. Strategi ini memberikan dampak yang luar biasa dalam peningkatan sales di Bukalapak.


Yudhis menambahkan saat ini Bukalapak tak hanya mengejar awareness. Tapi juga jumlah transaksi, jumlah user dan juga nilai penjualan barang tersebut. “Intinya lewat digital marketing kita dapat sesuaikan target market dengan produk yang ditawarkan”, ungkapnya.


Bambang Triharto mendukung pernyataan Yudhistira Ditya Pratama, dimana ada masa dimana perusahaan harus mengikuti pesatnya perkembangan tren atau era saat ini, terutama bagi pelaku produsen. “Kami sebagai produsen kesehatan harus bergerak cepat mendekatkan diri kepada masyarakat secara digital agar bisnis bisa terus berkembang dan kebutuhan akan kesehatan masyarakat menjadi lebih cepat terpenuhi.”, tambahnya.


Sebagai penutup Usman Raezra menjelaskan, saat ini adalah masa dimana pengusaha harus memiliki strategi yang tepat karena era digital ini seharusnya bisa memberikan keuntungan bagi pengusaha. Usman juga menjelaskan mengenai Affiliate yang menjadi strategi marketing bagi Digenesia. "Affiliate marketing bermanfaat bila kita ingin mengejar performa sales yang baik. Kita juga memasarkan secara efisien dengan affiliate", jelasnya.


Saat ini strategi pemasaran digital yang digunakan oleh banyak perusahaan adalah konvensional, masih banyak orang yang melakukan pemasaran hanya mendapatkan traffic dan tayangan, tetapi tidak menentukan target utama dalam melakukan pemasaran digital, apakah targetnya adalah untuk mendapatkan peserta, dalam pembelian aplikasi, penjualan atau pengguna suatu aplikasi. Tetapi sekarang di era pemasaran digital 4.0, kita dapat menentukan strategi apa yang akan diambil sesuai dengan pencapaian tujuan pemasaran tersebut.