Pitching-Workshop-Memulai-Dengan-Sebuah-Cerita

18Jul2019

Cerita yang menarik dapat membuat orang tertarik


Kamis (18/07/2019) - Pitching tidak hanya dimaksudkan untuk investor, tetapi juga untuk calon mitra dan pelanggan. Startup sering kali memiliki produk yang bagus tetapi tidak tahu bagaimana mengkomunikasikannya. Bersama dengan Komunitas Entrepreneur Bank Central Asia (BCA), yaitu Bizguide, SYNRGY Innovation Hub menyelenggarakan Pitching Workshop dengan tema Art of Story Telling dan menghadirkan Tuhu Nugraha, Digital Strategy Expert sebagai pembicara kali ini.


Tuhu Nugraha memulai workshop dengan kisah yang ia tunjukkan melalui video sebagai pembukaan bahwa story telling memiliki peran penting untuk menggugah hati seseorang dari yang hanya mendengarkan berubah menjadi sebuah tindakan. Menurutnya membuka sebuah pembicaraan dengan cerita dapat membuat orang-orang lebih interested dan focus. Sama halnya saat melakukan pitch ke investor ataupun customer untuk menarik perhatian mereka terhadap apa yang ingin kita sampaikan mengenai produk atau layanan startup. “Biasanya orang-orang hanya akan bertahan mendengarkan sekitar 5-10 menit. Tapi dengan story telling akan membuat mereka tertarik dan lebih mudah dimengerti” ungkap Tuhu.


Interactive, present, dan trigger imagination merupakan tiga hal penting yang harus ada dalam sebuah story telling. Ketiga hal ini saling berkaitan untuk menjadikan cerita yang kuat pada pembukaan sebuah pitch. Cerita yang interaktif mencakup apa yang terjadi saat ini dan menggugah imajinasi.


Startup dibentuk untuk menjadi solusi dari sebuah masalah yang ada. Menceritakan masalah yang terjadi pada kehidupan sehari-hari sebagai pembukaan sebuah pitch akan membuat orang lebih mudah mengerti arah dan tujuan pembicaraan. Selain itu, mengajak untuk berpikir ataupun berimajinasi akan menarik perhatian dan fokus pendengar.


Berbagai persiapan pitch dari mulai dresscode, presenting idea, visual communication, hingga cara penyampaian dengan mencari keunikan diri sendiri juga dibagikan oleh Tuhu untuk memperlengkapi para peserta. Setelah itu, peserta diajak untuk langsung mempraktekkan pitching sesuai dengan yang sudah dibagikan. Dari tiga peserta, salah satunya adalah member SYNRGY Accelerator, yaitu IndoGold.


Diakhir, Tuhu menambahkan bahwa membuat storyboard juga bagian yang penting dalam mempersiapkan pitching sehingga memaksimalkan cerita yang akan disampaikan. Karena pitching yang baik tidak hanya untuk didengar, tapi berujung pada sebuah tindakan yang baru.