Penutupan Bootcamp Fase Pertama SYNRGY Accelerator

28Jun2019

Belajar mengembangkan startup dari pembicara-pembicara yang ahli melalui talkshow

Jumat (28/06/2019) - Merupakan hari terakhir Bootcamp fase pertama SYNRGY Accelerator. Kedelapan startup terpilih mengikuti talkshow dengan empat topik berbeda dari pembicara-pembicara yang ahli di bidang tersebut.


Talkshow pertama mengenai Progressive Web App for Startup dibawakan oleh Dendi Sunardi (Engineering Manager Tokopedia). Startup cenderung mengalami kemerosotan, sehingga segala keputusan yang diambil dari setiap strategi haruslah bertujuan untuk mencapai titik peningkatan. Salah satunya adalah keputusan penggunaan teknologi dalam membangun strategi produk. Startup identik dengan digital, baik melalui aplikasi mobile ataupun website. Dendi menjelaskan ciri-ciri website dan aplikasi dan bagaimana jika kedua platform tersebut dikombinasikan. Sebagai engineering di salah satu startup unicorn Indonesia, Dendi juga menjelaskan bagaimana Tokopedia mengoptimalkan penggunaan website dan aplikasi bagi user, yang dapat menginspirasi startup.


Dilanjutkan oleh Albert Sutojo (CEO of Altoshift dan former employee at Yahoo! & Opera), yang menjadi pembicara dalam talkshow Assessing Tech Talents in Growth Stage. Mendapatkan orang yang memiliki keahlian bidang teknologi untuk bisa bekerja sebagai karyawan atau pun sebagai mitra menjadi tantangan tersendiri dalam membangun startup. CEO dan Co-founder, sebagai pemimpin perlu menemukan bagaimana mendapatkan orang-orang tersebut dan melibatkan mereka. Telah bekerja di Yahoo! dan Opera, dan kini sebagai CEO startup search engine, Albert mengatakan bahwa memang tidak mudah mendapatkan engineers di Indonesia walaupun industri digital di Indonesia kian meningkat. “Lebih baik memiliki programmer dengan dasar pengetahuan yang luas dan masih terus mau belajar, dibandingkan spesialis yang hanya fokus pada satu bidang tertentu.” ungkap Albert.


28Jun2019

Objectives and Key Result (OKR) biasa digunakan untuk menghubungkan tujuan perusahaan, tim dan personal secara hierarkis secara terukur sehingga membuat semua karyawan dapat bekerja sama dalam satu arah yang sama. Melalui OKR ini, startup dapat membuat, mengukur dan memantau tujuan (goals) mereka. Guntur Sarwohadi (Head of Technology Digitaraya), memimpin kedelapan startup belajar memahami hubungan OKR perusahaan, tim dan pribadi, cara membuat metode dan bagaimana mengimplementasikannya. Hasil dari mengimplementasikan OKR, perusahaan menjadi fokus, transparan dan selaras.


Talkshow terakhir, dibawakan oleh Scarlattino Jacob (VP of Growth Sampingan, Ex Growth Activation Manager Go-Jek), yang menjelaskan mengenai Pirate Metric for Growth. Pirate Metric merupakan lima metrik penting bagi startup. Melalui talkshow ini kedelapan startup akan belajar bagaimana metrik ini diterapkan di perusahaan dan bagaimana menggunakannya dalam mengukur pertumbuhan startup. “Metrik dan pengukuran membantu startup menentukan apakah menuju ke arah yang benar” kata Jacob. Selain itu Jake, juga menganggap bahwa pertumbuhan itu tidak bergantung pada keberuntungan, tetapi dengan mengetahui dan memahami hal-hal yang berhasil bekerja dan dapat diandalkan untuk dikembangkan di masa depan.


Sebagai penutup dan puncak Bootcamp SYNRGY Accelerator fase pertama, delapan startup: Kendi, Agenkan, Bizhare, Jari, Bamms, Amalan, Crowde, dan IndoGold mengikuti dinner bersama dengan BCA dan Digitaraya di SYNRGY Innovation Hub.