Design Sprint: Pembentukan Visi Produk/Layanan Startup

26Jun2019

Produk merupakan cerminan startup

SYNRGY Accelerator telah berjalan empat hari di bulan pertama pelaksanaan. Pada hari ketiga dan keempat bootcamp, delapan startup terpilih, yaitu Kendi, Agenkan, Crowde, Amalan, IndoGold, Jari, Bamms, dan Bizhare melakukan design sprint, salah satu kurikulum yang digunakan berdasarkan buku Sprint dari Google Ventures.


Design sprint merupakan proses lima fase melalui penggunaan desain, prototipe dan pengujian ide untuk mengurangi risiko dalam membawa produk, layanan atau fitur baru ke pasar. Pada dasarnya design sprint dijalankan dalam waktu lima hari, satu fase satu hari. Dipimipin oleh Hadi Othman (CEO Recap), bimbingan design sprint ini dilakukan selama dua hari pada 26-27 Juni 2019.


Produk merupakan cerminan sebuah startup. Melalui produk atau layanan yang akan dibawa ke pasar dapat menentukan penghasilan startup. Jika sebuah startup tidak membuat produk atau layanan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat akan mengakibatkan startup tidak mendapat penghasilan. Startup yang tidak menghasilkan uang merupakan startup yang gagal.


26Jun2019

Design sprint membantu kembali membentuk visi produk atau layanan delapan startup agar dapat lebih diterima di pasar. Terdapat lima tahap yang dilakukan para startup dalam dua hari design sprint. Di hari ketiga melakukan tahap pengertian (understand), tahap penyimpangan (diverge), dan tahap pemutusan (decide). Sedangkan di hari keempat melakukan tahap prototipe (prototype), dan tahap validasi (validate).


Selain bimbingan design sprint, pada hari keempat juga diadakan Jeffersonian Lunch. Dalam kegiatan ini semua startup akan berdiskusi tentang satu topik saat makan siang untuk membangun rasa komunitas dan membantu mereka untuk mengenal satu sama lain..


Masih tersisa satu hari lagi SYNRGY Accelerator Bootcamp di bulan pertama program ini. Segala kegiatan yang dilakukan di SYNRGY Accelerator merupakan kurikulum berdasarkan kelas akselerator Digitaraya bekerja sama dengan Google Developers Launchpad.