Merancang Strategi AI untuk Bisnis Anda

21Jun2019

AI: Era Baru Kolaborasi antara Manusia dan Mesin

Senin (24/06/2019) - Kemajuan teknologi merupakan sebuah kepastian yang tidak dapat dibendung. Setelah sekian lama teknologi bersifat eksklusif dan terbatas bagi para ahli di bidangnya, kini dunia telah memasuki era dimana teknologi justru menjadi bagian yang tak dapat terpisahkan dari hampir seluruh aspek kehidupan. Perlahan tapi pasti, teknologi seperti kecerdasan buatan (Artificial Intelligence - AI), Machine Learning, serta istilah Internet of Thing (IoT) dan Big Data menjadi topik perbincangan kalangan umum, bersamaan dengan besarnya potensi yang ditawarkan teknologi tersebut untuk membuka peluang bisnis baru, menghemat pengeluaran serta memberikan solusi terbaik bagi pelanggan bisnis di tengah ketatnya persaingan. Sayangnya, hadirnya teknologi tersebut masih belum secara luas disadari oleh para pelaku bisnis.


Jum’at (21/06), Innovesia dan ReNom Infrastruktur Indonesia sebagai perusahaan yang bergerak di bidang teknologi dan AI menggelar workshop dengan mengambil tema AI untuk Bisnis. Workshop bertajuk “How to Design AI Strategy for Business” ini diselenggarakan di SYNRGY Innovation Hub.


Workshop yang dihadiri oleh AI enthusiast baik dari kalangan pelaku bisnis maupun pelajar ini diisi oleh tiga narasumber yakni Nazim Cica, (Business Development ReNom Infrastruktur Indonesia), Danny Kosasih, (Co-founder Innovesia) serta Rey Steven Oktaviano, (Data Science Manager ReNom Infrastruktur Indonesia). Dengan tujuan untuk memberikan pemahaman dan wawasan terbaru terkait teknologi terkini serta bagaimana membangun strategi AI yang tepat untuk diterapkan pada bisnis, acara ini dibagi ke dalam tiga sesi berbeda.


Sesi pertama diisi dengan perkenalan mengenai Teknologi AI kepada peserta. Sesi kedua membahas cara merancang strategi AI lengkap dengan penjelasan mengenai design thinking serta hubungannya dengan AI, lalu pada sesi ketiga peserta diajak untuk melakukan percobaan untuk merancang model AI dengan menggunakan platform yang disediakan oleh ReNom Infrastruktur Indonesia.


21Jun2019

Dibuka oleh Nazim Cica, para peserta workshop diperkenalkan dengan istilah-istilah teknologi terkini seperti AI, Machine Learning, IoT dan Big Data. Cica juga memberikan pemaparan terkait use case AI di industri ritel kecantikan. Setelah itu workshop dilanjutkan dengan penjelasan konsep design thinking. Danny menyebutkan bahwa AI membutuhkan design thinking karena pada dasarnya teknologi AI merupakan inovasi yang bersifat human centered. Danny kemudian menjelaskan bahwa AI bukan soal mengikuti tren, dan tidak dirancang untuk mengatasi “masalah-masalah buatan” melainkan untuk membantu mengatasi masalah yang benar-benar terjadi.


Setelah itu, di awal sesi ketiga Rey memperkenalkan peserta kepada platform machine learning serta bagaimana sebuah Graphical User Interface (GUI) seperti ReNom dapat membantu untuk membuat model AI yang lebih efisien. Peserta yang sudah diperkenalkan dengan teknologi GUI kemudian diajak untuk melakukan percobaan untuk membuat model analisis gambar dan model prediksi di platform machine learning. Percobaan ini difasilitasi langsung oleh Renom dengan memberikan akses kepada platform milik Renom dari server mereka.


Usai ketiga narasumber selesai mengisi masing-masing sesi, workshop ini kemudian ditutup dengan sesi diskusi. Empat peserta berbeda memberikan pertanyaan mereka kepada para narasumber. Diskusi mengalir hangat, pertanyaan-pertanyaan peserta kemudian secara bergantian dijawab oleh para narasumber sebelum akhirnya acara resmi ditutup.