Kembangkan Growth Mindset untuk Mencapai Kesuksesan

24Mei2019

Setiap orang memiliki cara yang berbeda untuk sukses. Yang mana yang benar?

Jumat (24/05/2019) - SYNRGY Innovation Hub kembali mengadakan Sunset Talks bersama para member. Kali ini topik yang dibahas adalah Growth Mindset yang dibagikan oleh Chika Bagaskara dari tim Rombak Media.


Setiap orang pasti ingin sukses dan berusaha untuk mencapainya. Sebagai pembuka Chika menanyakan tiga aspek yang mungkin bisa menjadikan seseorang sukses. Apakah orang sukses jika ia bekerja keras (hardwork)? Apakah orang sukses jika ia pintar (smart)? Apakah orang sukses jika ia beruntung (lucky)?.Menurut Chika, ketiga hal ini memang menjadi aspek seseorang menjadi sukses. Tapi ternyata ada yang lebih "powerful".


Mengambil kisah dari Josh Waitzkin yang merupakan keajaiban juara catur internasional, Chika menjelaskan bahwa Josh dari usia 16 tahun sudah menjadi master internasional dan juara nasional 8x. Di usianya yang ke 20 Josh menjadi spokeperson untuk chessmaster program catur terbesar di dunia. Tapi yang membuat Josh lebih spesial lagi, di usia 21 tahun dia memilih untuk meninggalkan catur dan memulai belajar hal yang baru. Dari catur, Josh beralih mempelajari martial arts dan berhasil memenangkan 21 kali kejuaran nasional, 2 kali kejuaran internasional dan menjadi international master of martial arts.


"Believing that he never was special. He must tried really hard." - Josh Waitzkin.


24Mei2019

Growth mindset vs fixed mindset

Setelah itu, Chika juga menjelaskan mengenai perbedaan antara growth mindset dan fixed mindset. Dimana setiap orang pada dasarnya memiliki kedua pemikiran ini. Fixed mindset merupakan pemikiran yang sudah terbangun sejak dini, dimulai dari kepercayaan yang diajarkan saat kecil yang membentuk tingkah laku dan menghasilkan pemikiran saat ini. Sedangkan growth mindset merupakan pemikiran yang terbuka dengan melihat dari sudut pandang yang berbeda dari biasanya.


Chika juga menggambarkan bahwa seseorang yang memiliki growth mindset cenderung akan berusaha mencari apa yang bisa ia pelajari dari setiap keadaan yang terjadi. Ia percaya bahwa memang selalu ada hal positif di setiap kejadian. Selain itu, orang yang memiliki growth mindset akan selalu berusaha dan bekerja keras, serta tidak pernah takut gagal.


Sebagai penutup, Chika mengajak member untuk bagi kelompok dan berdiskusi tiga hal yang akan membangun growth mindset, yaitu mengaku hal-hal yang tidak diketahui member akan pekerjaannya, menjelaskan usaha apa saja yang sudah dilakukan selama ini, dan menceritakan bagaimana perkembangan diri setiap member.