Strategi Membuat Konten Digital di Bulan Ramadhan

20Mei2019

Strategi membuat konten digital dari menentukan tema hingga eksekusi

Senin (20/05/2019) - AcaraBaru, salah satu member SYNRGY Innovation Hub kembali mengadakan sebuah talkshow yang sesuai dengan bulan Ramadhan. Sebagai media komunitas, AcaraBaru memberi kesempatan untuk para peserta belajar bagaimana membuat sebuah konten digital di bulan Ramadhan. Mengangkat tema How to Create Digital Campaign In Ramadhan Season, acara ini dihadiri dua narasumber, yaitu Deasy Natalia M (General Manager Bluwave.id) dan Siti Nursarah (Content Creator Sarah&Osi Channel).


Talkshow diawali dengan presentasi dari Deasy Natalia M yang memberikan informasi mengenai cara merencanakan strategi periklanan yang tepat di bulan ramadhan. Deasy menjelaskan bahwa ada beberapa peningkatan yang terjadi baik secara online maupun konvensional. Bisa diketahui bahwa pada saat berpuasa, orang-orang akan lebih lama online untuk mencari bahan agama sehingga menguatkan rohani. Maka dari itu penting sekali untuk membangun sebuah strategi.


Deasy mengatakan bahwa strategi dibangun berdasarkan trending saat ini dimana mampu meningkatkan pengunjung yang signifikan dengan pengelolaan iklan digital. Cara yang dipakai bisa dengan membangun brand melalui video di media sosial baik di Facebook, Instagram dan YouTube yang dijadikan sebagai konten untuk mencapai jumlah engagement yang tinggi. Deasy pun menyebutkan aspek-aspek pembuatan campaign yang perlu diperhatikan, yaitu Personal & Spiritual Improvement, From The Fast To The Feast, Staying Entertained, Seasonal Shopping Sprees, Homecoming & Eid, dan Rejoicing & Celebrating.


Setelah itu, Siti Nursarah berbagi ceritanya membuat konten video YouTube yang menarik dan sesuai dengan kehidupan sehari-hari. Sarah menyatakan dalam pembuatan kontennya tidak harus menggunakan alat yang profesional, dengan perlengkapan seadanya dan jalan cerita yang dikemas dengan baik, serta memiliki sisi yang sama dengan kehidupan sehari-hari akan menghasilkan konten yang baik. Sarah juga menceritakan sedikit pengalamannya sebagai content creator yang bekerjasama dengan berbagai klien dimana harus bisa menyelesaikan pekerjaannya secara profesional. Dan pengalamannya itu dijadikan sebuah content dengan tema ‘klien jahanam’ yang sangat disukai banyak orang.


20Mei2019

Di bagian akhir, Sarah dan Deasy mengingatkan kembali kepada peserta bawah untuk membuat sebuah konten digital perlu adanya strategi yang sesuai dengan perkembangan tren saat itu. Pemilihan tema yang pas dan dikuasai oleh content creator mampu memberikan dampak yang baik pada campaign yang akan dibuat.