A Place Where People Can Talk and Take Action for Social Cause

16Mei2019

Sunset Talks: Tidak hanya dibicarakan, tapi bertindak untuk menyelesaikan

Menjadi salah satu program untuk mengembangkan pengetahuan para member SYNRGY Innovation Hub, Sunset Talks mengundang berbagai pembicara untuk berbagi cerita mengenai kehidupannya yang menginspirasi. Di Sunset Talks kali ini, SYNRGY mengundang tim dari The People of Asia untuk membahas content for change.


Kamis (16/05), Amira Alaydroes (Co-Founder), Irfan Handaru (Co-Founder) dan Nathalia Sibuea (Comms & Project Manager) berbagi seputar kegiatan atau proyek yang dilakukan The People of Asia. Pada umumnya, People of Asia adalah tempat untuk menghubungkan komunitas Asia Tenggara yang memungkinkan mereka untuk mendapatkan informasi, berbagi ide dan nilai, dan untuk mengambil tindakan. Hal ini bermula dari Amira yang melihat bahwa masih kurangnya media di Indonesia yang mengangkat kesadaran akan masalah sosial, seperti pemberdayaan perempuan, pendidikan dan penyebab-penyebab masalah sosial lainnya yang perlu diketahui masyarakat. Maka pada tahun 2018, People of Asia dibentuk sebagai platform yang menerbitkan artikel untuk menciptakan kesadaran tentang masalah sosial.


“Kami tersentuh oleh fakta dan melihatnya sebagai panggilan kami untuk bertindak.” kata Amira.


Natalia menjelaskan bahwa People of Asia lebih fokus mengangkat artikel masalah sosial yang secara langsung dialami oleh seseorang. Hal yang dilakukan untuk mendapatkan cerita biasanya dengan mencari narasumber yang mau berbagi cerita, melihat masalah yang terjadi, atau bertanya kepada orang-orang di sekitar.


“Dari informasi yang didapat inilah, People of Asia mengambil tindakan dan menjadikan kisah itu sebagai artikel yang bisa dibagikan.” jelas Natalia.


16Mei2019

Selain menjadi platform media, People of Asia juga hadir sebagai social market. Dimana mereka yang mau berbagi cerita mereka bisa juga menjual produk mereka yang memiliki dampak sosial. Hanya saja penjualannya tidak diangkat sebagai unsur komersial, melainkan sebagai sebuah cerita.


Amira menjelaskan bahwa social market ini hadir untuk mengembangkan ekosistem sebagai cara bagi masyarakat dan organisasi untuk mendapatkan dukungan yang diperlukan dan memperluas jangkauan mereka ke masyarakat. Maka dari itu social market bertujuan untuk membantu dan memberdayakan masyarakat dengan menyediakan tempat bagi orang-orang dari Asia Tenggara untuk menjual barang-barang yang memiliki dampak sosial atau menyumbang untuk suatu tujuan, sebagaimana kami menyebutnya Barang Merit, Pengalaman Sosial, dan Donasi.


“Kami berharap dapat memberi manfaat bagi masyarakat dan organisasi dengan platform kami dan mempengaruhi masyarakat yang lebih besar untuk secara aktif mendukung tujuan sosial.” tambah Amira.


Di akhir, Amira dan Natalia juga menjelaskan bahwa People of Asia terbuka bagi orang-orang yang mau bergabung sebagai komunitas dan bisa membagikan kisah mereka di website People of Asia.