Menjadi Manusia: Belajar Mencintai Dirimu Sendiri

9Mei2019

Sunset Talks: Belajar untuk mencintai dirimu sendiri

Menjadi Manusia adalah sebuah social-platform untuk mereka yang ingin berbagi dan mendengar cerita-cerita tentang kehidupan dari berbagai sudut pandang. Melalui Menjadi Manusia diharapkan mampu menjadi sebuah jembatan untuk membantu seseorang yang memiliki masalah bisa melihat sisi lain dari kisah orang lain, sehingga tidak merasa menjalaninya sendirian.


Kamis (09/05), Vinny, Co-Founder Menjadi Manusia berkesempatan berbagi cerita bersama member di SYNRGY Innovation Hub di acara Sunset Talks. Menjadi program reguler, Sunset Talks menjadi tempat diskusi para member mengenai berbagai topik. Kali ini, para member SYNRGY diajak untuk memahami betapa pentingnya mencintai diri sendiri.


Sebagai platform untuk berbagi cerita pengalaman seseorang, Vinny memberi salah satu cuplikan kisah yang dibagikan oleh Menjadi Manusia. Berdurasi sekitar 15 menit, para member diajak menonton cerita Rega Bernando yang mencari jati dirinya di masa lalu. Vinny menjelaskan bahwa kisah Rega ini merupakan salah satu cerita yang paling diminati. Kisah hidup Rega ini memberi inspirasi bahwa mencintai diri sendiri itu bukan dari perkataan orang lain, tapi dari bagaimana kita memandang diri kita sendiri.


Menurut Vinny, setiap orang selalu memiliki kisah yang bisa dibagikan dan menjadi inspirasi untuk orang lain. Semakin seseorang menceritakan kisah hidupnya, dia semakin mengenal dirinya sendiri. Semakin mengetahui kekurangan dan kelebihannya. Hal inilah yang diperlukan bagi anak muda di Indonesia.


Selain itu Vinny juga berbagi kepada member SYNRGY, bagaimana Menjadi Manusia bisa mendapatkan orang-orang yang mau berbagi kisah mereka. Menurutnya, untuk mencari seseorang yang mau menceritakan kisah hidupnya tidak susah.


“Karena orang-orang yang berusia 25 tahun ke atas biasa memang sudah memiliki cerita dan mereka mau untuk berbagi.” jelas Vinny.


Di akhir, Vinny mengingatkan para member bahwa boleh bekerja keras, boleh untuk berusaha mencapai ambisi, tapi jangan sampai lupa untuk mencintai diri sendiri. Banyak dari kita sekarang lebih mengutamakan pekerjaan, lebih mencintai pekerjaan sampai lupa sama diri sendiri. Tapi sebenarnya, kita perlu untuk mengetahui apa yang paling kita sukai, apa yang paling kita butuhkan. Mengenal dan mencintai diri kita sendiri itu menjadi dasar bagi kita untuk berkembang.


Tidak hanya saling berdiskusi, Sunset Talks juga mengadakan buka puasa bersama sambil memperkenalkan anggota member SYNRGY Innovation Hub yang baru.