Secrets from Google

Innovation starts from the fundamental

Senin (08/04), SYNRGY Innovation Hub kedatangan Senior Program Manager Google, Sebastian Trzcinski-Clement. Melalui acara ini, Sebastian berbagi pengalaman bagaimana cara kerja karyawan Google yang bisa diaplikasikan oleh para startup Indonesia.


Acara dibuka dengan kata sambutan dari Nicole Yap sebagai Vice President of Digitaraya. Bekerjasama dalam Digitaraya Powered by: Google Developers Launchpad, Nicole berharap “Secrets From Google” bisa memberi wawasan baru bagi startup di Indonesia.


Sudah bekerja selama 12 tahun di Google bukanlah hal yang mudah. Tapi hal itu menjadi pengalaman dan kesempatan yang sangat berharga bagi Sebastian. Dan menurutnya, apapun yang sedang dilakukan oleh masing-masing orang saat ini adalah kesempatan dan pengalaman berharga. Maka dari itu, Sebastian mengajak peserta yang hadir untuk terus mau belajar karena saat ini adalah waktu yang tepat.


Untuk itu, Sebastian membagikan nilai-nilai yang dipegang Google untuk terus berinovasi:


Focus on the user and all else will follow

Ada lebih dari sepuluh search engines yang ada sebelum Google. Tapi bagaimana Google saat ini menjadi search engine yang terbaik? Karena Google selalu berusaha untuk menjadi algoritma terbaik untuk memberikan hasil yang diinginkan oleh para pengguna.


Do one thing really well

Fokus pada satu hal dan kembangkan. Jadikan itu sebagai dasar dan passion yang dapat memperluas wawasan. Seperti Google sebagai mesin pencarian yang memiliki kemampuan mencari dan memberikan informasi, maka Google fokus pada dasar kemampuannya.


Fast is better than slow

Sebagai mesin pencarian, Google selalu berusaha untuk memuaskan pengguna saat mencari informasi. Hal ini membuat Google selalu memastikan pengguna bisa mendapatkan informasi hanya dalam waktu milidetik.


You do not need to be at your desk to need an answer

Saat ini sudah tidak perlu lagi berlama-lama di meja kerja. Dengan segala digitalisasi, setiap orang sudah bisa bekerja dan produktif dimanapun dan kapanpun.


You can make money without doing evil

Jika ingin mendapatkan penghasilan yang banyak, bangun kredibilitas perusahaan. Memiliki reputasi yang baik mampu meningkatkan koneksi dan membangun kerjasama dengan perusahaan lain. Google selalu berusaha menjadi perusahaan yang transparan.


There is always more information out there

Informasi adalah hal utama bagi Google. Terus dan selalu mencari informasi yang relevan dengan pengguna adalah hal penting.


The need for information crosses all borders

Bertemu dengan banyak orang. Setiap orang memiliki opini yang berbeda-beda. Hal ini akan menambahkan informasi dan pemikiran baru.


You can be serious without a suit

Tidak perlu dengan pakaian formal untuk bisa memimpin. Just be yourself and have integrity.


Great just is not good enough

Jangan pernah puas dan terus berinovasi. Ingatlah bahwa banyak sekali perusahaan raksasa yang pernah berjaya beberapa tahun lalu namun sekarang dikalahkan oleh perusahaan-perusahaan baru yang lebih inovatif.


Sebastian tambahkan nilai penting lainnya

Terlepas dari kesepuluh yang telah dibagi, Sebastian menambahkan beberapa nilai lainnya:


Produce.. A lot

Beethoven membuat ratusan bahkan ribuan lagu untuk ia bisa menentukan lima puluh karya terbaiknya. Perlu untuk terus berkarya, membuat banyak hal baru, dari situ akan muncul karya-karya yang terbaik.


Challenge assumptions

Kesempatan merupakan tantangan yang patut dicoba. Jangan menyelesaikan pekerjaan dengan cara yang sama terus menerus, tapi coba dengan cara yang baru.


Procrastinate.. Under one condition

“Setiap orang selalu memiliki sisi malasnya dan itu hal yang biasa” tutur Sebastian. Yang diperlukan adalah bagaimana cara menyeimbangkannya. Mulai saja dulu apa yang harus dikerjakan, lalu boleh untuk istirahat, main game, scrolling instagram, or anything. Tapi setelah itu selesaikan apa yang sudah dimulai.


Get exposed to different cultures

Semakin banyak orang atau perusahaan yang dapat diajak kerjasama akan semakin membuka pikiran dan memperluas wawasan.


Sebagai salah satu perusahaan terbaik di Amerika, Google selalu berinovasi. Salah satunya adalah dengan melakukan pertemuan one-on-one dengan tim. Menurutnya sebuah perusahaan akan berkembang saat mengetahui perkembangan dari setiap karyawan. “Luangkan waktu untuk ngobrol atau ngopi bersama untuk tahu dan mengerti apa yang mereka alami. Saya selalu berusaha untuk having Face Time dengan tim saya, walau mereka ada di berbagai negara” tutur Sebastian.


Jadi, apa sudah siap berkembang dan berinovasi seperti Google?