GDG Meetup Hadiri Cloud Data Flow Sebagai 'Bintang Tamu'

#GDGSupportDataFlow

Teknologi yang terus berkembang pesat menimbulkan kemajuan di berbagai industri. Era yang mengedepankan kemudahan melahirkan banyak inovasi yang mempermudah berbagai aktivitas kita. Salah satu bentuk kemudahan dari teknologi tersebut adalah adanya Cloud Data Flow. Cloud Data Flow merupakan proses pembentukan alur persiapan, pengintergrasian, dan penganalisaan real-time data dalam jumlah besar.


Melihat pentingnya sosialisasi akan hal ini, Google Developer Group (GDG) - program yang di rancang untuk membantu pengorganisasian individu komunitas seluler, web, cloud maupun pengembangan AI yang aktif dalam kelompok mereka - menyelenggarakan sebuah acara bersama dengan SYNRGY Innovation Hub dan Digitaraya pada tanggal 31 Januari 2019 lalu di Manhattan Square Building, Jakarta.


Acara yang diselenggarakan mengangkat tema “Cloud Dataflow for Data Streaming Analytic”. Acara ini di buka oleh Vin Cent (SYNRGY Accelerator Management Team) dan Putranto Adhi Nugroho (CO-Manager, GDG Jakarta).


SYNRGY hadirkan Data Engineer Traveloka, Nerc, dan eBay

Pada kesempatan kali ini pembahasan mengenai Cloud Dataflow for Data Streaming Analytic di bawakan oleh Imre Nagi (Data Engineer, Traveloka). Imre Nagi juga merupakan seorang Software Engineer di Nerc dan eBay Inc.


“Data Flow sudah mulai banyak digunakan. Salah satunya oleh GO-JEK Indonesia” ungkap Imre. Proses pembentukan Data Flow sendiri dimulai dari data yang terkecil yang nantiya akan menjadi semakin besar. Data Flow sendiri terdiri atas beberapa jenis seperti: Beam pipeline, Data Model, dan Data Flow Pipeline. Melihat antusias peserta yang tinggi, peserta diberikan kesempatan untuk bertanya seputar Dataflow kepada narasumber. Acara tersebut di tutup dengan Office Touring untuk memperkenalkan SYNRGY dan mural-mural yang mempunyai makna kepada para peserta.