Tahapan Problem Solving Bagi Startup Menurut McKinsey & Company

26Jul2019

Intip kegiatan delapan startup terpilih di hari terakhir bootcamp di bulan ini, mulai dari belajar problem solving hingga gala dinner


Jumat (26/07/2019) - Berbeda dari sebelumnya, kegiatan bootcamp kedua SYNRGY Accelerator di hari terakhir tidak dilaksanakan di SYNRGY Innovation Hub, melainkan di Menara Digitaraya.


Bootcamp dibuka dengan talks bersama dengan beberapa startup dari ekosistem dari Menara Digitaraya, yaitu KokBisa dan Kreavi. Setelah itu juga ada Wahyoo dan MTarget yang berbagi kisah pengalaman menjadi member dari Digitaraya Accelerator sebelumnya.


Setelah itu, talks dilanjutkan oleh Sebastian Jammer (Associate Partner of McKinsey & Company). Membahas Problem Solving, Sebastian memberikan tips dalam menyelesaikan masalah. Mulai dengan mengetahui masalah dengan jelas, sehingga bisa memecahkan masalah menjadi bagian kecil dengan terstruktur. Lalu untuk menyelesaikan masalah tersebut, Sebastian mengatakan bahwa harus fokus dan melakukan tindakan-tindakan yang impactful. Dan yang terakhir buatlah work plan sehingga bisa bertindak yang tepat dalam menyelesaikan masalah.


Sebastian Jammer juga menjelaskan bagaimana cara memecahkan sebuah masalah ke bagian yang lebih kecil. Terdapat dua cara, yaitu melalui MECE (Mutually Exclusive, Collectively Exhaustive) dan Issue Trees.


Sebagai penutup bootcamp kedua SYNRGY Accelerator ini, delapan startup, yaitu IndoGold, Kendi, Bamms, Crowde, Bizhare, Jari, Amalan, dan AgenKan, dinner bersama dengan tim Digitaraya dan BCA di Grand Indonesia Shopping Town. Para peserta mendapat waktu lebih untuk menjalin relasi antar berbagai pihak dalam situasi yang lebih santai.


Inilah rangkaian kegiatan bootcamp SYNRGY Accelerator pada bulan kedua. Delapan startup terpilih telah belajar dan mendapatkan berbagai wawasan mengenai partnership, regulasi, valuasi startup, partnership dengan bank hingga problem solving. Selain itu, para startup juga mendapatkan kesempatan untuk dipandu oleh 24 mentor yang berpengalaman.


Sampai bertemu di rangkaian bootcamp selanjutnya yang akan dilaksanakan di bulan Agustus.