FREQUENTLY ASKED QUESTIONS

UMUM

Apa itu SYNRGY?

SYNRGY adalah innovation hub yang menjadi tempat bagi para talenta Indonesia untuk berkarya menciptakan inovasi dalam industri finansial dan teknologi. SYNRGY dipersembahkan oleh BCA (PT Bank Central Asia, Tbk.). Dengan adanya SYNRGY, diharapkan BCA bisa turut berkontribusi dalam mendukung perkembangan fintech startup di Indonesia.

Bagaimana cara saya mengakses SYNRGY?

SYNRGY tidak terbuka untuk umum, mereka yang ingin mengakses tempat ini adalah mereka yang tergabung dalam SYNRGY Accelerator Program. Tapi tenang, kamu tetap dapat ke SYNRGY jika ada acara yang terbuka untuk umum, atau bisa Hubungi Kami melalui email untuk janji bertemu (office touring).

SYNRGY ACCELERATOR PROGRAM

Apa itu SYNRGY Accelerator Program?

SYNRGY Accelerator Program adalah program akselerator bagi para startup yang tengah mengembangkan inovasi sembari mencari kesempatan untuk bertumbuh dan berkembang. Bekerja sama dengan Digitaraya powered by Google Developers Launchpad, SYNRGY mempersembahkan sebuah akselerator berkelas internasional untuk membekali startup Indonesia dengan menyediakan solusi untuk kebutuhannya, mempermudah akses ke pemerintah, regulator dan media, serta mengkoneksikan para startup players dengan ecosystem player di Indonesia.

Startup bidang/area apa yang dapat mengikuti program ini?

BCA membuka kesempatan kepada startup dengan fokus di bidang financial technology, yang memiliki ide inovatif dan kreatif serta visi yang sama dengan SYNRGY. Kesempatan ini juga terbuka bagi startup yang memiliki ide dan inovasi mulai dari bidang Big Data, Digital Payments, Cybersecurity, Blockchain, IoT (Internet of Things), dan lainnya yang bertujuan memajukan financial technology di Indonesia. Jika terdapat startup yang dinilai memiliki potensi untuk berkembang dan bekerja sama lebih lanjut, SYNRGY menyambut partisipasi startup tersebut dalam program ini.

Apa saja kriteria yang harus dipenuhi untuk dapat mengikuti program?

Untuk dapat menjadi anggota Synrgy, perusahaan startup harus memenuhi beberapa persyaratan berikut ini:1. Peserta memiliki komitmen dan kemampuan untuk merealisasikan serta mengembangkan produk.2. Peserta adalah tim Startup yang terdiri dari minimal 3 orang dan maksimal 5 orang anggota.3. Peserta adalah tim Startup yang berada di bidang financial technology.4. Peserta adalah tim Startup yang saat ini tidak memiliki ikatan dengan lembaga pendanaan lain.5. Peserta memiliki portfolio, antara prototype yang aktif atau produk yang sudah dipasarkan.6. Setiap anggota dari Peserta harus terdaftar sebagai member Synrgy. (https://synrgy.id)Bila salah satu dari kriteria partisipasi di atas tidak dapat dipenuhi oleh peserta, maka peserta tidak dapat berpartisipasi dalam program ini.

Peran apa yang dapat diberikan BCA kepada para peserta SYNRGY Accelerator Program?

BCA membentuk SYNRGY dan menggandeng Digitaraya dengan komitmen untuk memberi dukungan kepada para startup yang tergabung dalam program yang didukung oleh Google Developers Launchpad. Selama program berjalan, terdapat serangkaian aktivitas seperti mentoring, workshop, dan aktivitas lainnya yang dapat memperkaya wawasan dan koneksi para startup. BCA juga menyediakan Subject Matter Experts yang dapat memandu para startup untuk memecahkan Focus Area sehingga mencapai targetnya.

Bagaimana Workshop, Mentoring, dan Demo Day di SYNRGY Accelerator Program?

Secara garis besar, workshop akan diadakan setiap bulan sekali dengan mengundang pembicara yang berpengalaman di bidangnya. Mentoring dilakukan secara one-on-one antara Subject Matter Expert dengan para startup sesuai dengan Focus Area. Kegiatan mentoring dapat dilakukan kapan saja di SYNRGY, tergantung kesepakatan jadwal antara SME dengan startup itu sendiri. Demo Day diadakan di akhir program, di mana para startup mempresentasikan produknya di depan jajaran investor dan pihak BCA, kemudian diakhiri dengan pemilihan startup untuk partnership dengan BCA, ataupun untuk investasi dari para investor lain yang hadir.Ketiga kegiatan tersebut dirancang oleh BCA bekerja sama dengan Digitaraya dengan komitmen terus menyediakan ahli-ahli yang berpengalaman di bidang startup, dan tentunya juga pakar-pakar di bidang financial technology.

Bagaimana bila startup kami tidak ahli dalam financial technology?

Tujuan utama dari adanya program ini adalah mencari ide dan inovasi di bidang financial technology yang dapat direalisasikan. Jika terdapat startup yang tidak memiliki ahli, BCA menyediakan berbagai ahli dalam bidang yang sesuai, yang akan membantu para startup mewujudkan idenya.

Apakah pengeluaran kami akan ditanggung oleh Synrgy selama program berlangsung?

SYNRGY tidak dapat menanggung semua pengeluaran para peserta program, akan tetapi SYNRGY memberikan akses tempat kerja dan sumber daya di dalamnya secara cuma-cuma.

Bagaimana aktivitas keseharian dalam Synrgy Accelerator Program?

Tidak ada aktivitas keseharian yang ditentukan oleh SYNRGY sehingga para peserta dapat leluasa mengatur kegiatannya sehari-hari. Masing-masing startup dapat melakukan mentoring bersama mentor/SME dan aktivitas lainnya yang dinilai dapat mengembangkan produknya selama tidak bertentangan dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.Terdapat sejumlah aktivitas/acara, seperti monthly workshop, dinner, gathering yang akan diselenggarakan untuk memperluas wawasan dan koneksi startup.

Apakah pengeluaran kami akan ditanggung oleh Synrgy selama program berlangsung?

Synrgy tidak dapat menanggung semua pengeluaran para peserta program, melainkan Synrgy memberikan akses kepada tempat kerja dan sumber dayanya secara cuma-cuma.

PROSES PENDAFTARAN & SELEKSI

Bagaimana proses pendaftarannya?

Pendaftaran akan dibuka di awal batch melalui website SYNRGY. Jangka waktu dibukanya pendaftaran adalah selama satu bulan dan selama jangka waktu tersebut, startup dapat mendaftar  di sini. Kepada CEO startup nantinya akan mengisi 3 jenis form pendaftaran, yaitu Personal Profile, Company Profile, dan Interview Questions. Sedangkan untuk Non-CEO hanya akan mengisi 1 form pendaftaran, yaitu hanya Personal Profile. Form pendaftaran ini akan menjadi bahan pertimbangan di dalam proses seleksi/filtering. Setelah CEO selesai mengisi 3 form pendaftaran tersebut, CEO dapat mengajak anggotanya ke dalam tim startup.

Bagaimana proses seleksinya?

Proses seleksi berlangsung dari hari pertama dibukanya pendaftaran sampai pada 3 bulan setelah pendaftaran ditutup (total jangka waktu proses seleksi adalah 3 bulan). Maka dari itu, semakin awal kamu menyerahkan form pendaftaran pada SYNRGY, semakin cepat kami memberikan feedback dan notifikasi kelulusan proses seleksi. Startup yang lolos tahap seleksi akan diberi notifikasi oleh SYNRGY paling lambat 1 bulan dari diserahkannya form pendaftaran oleh startup.Proses seleksi akan dilakukan oleh tim SYNRGY (BCA dan Digitaraya) selama jangka waktu tersebut. Startup yang masuk ke dalam shortlist SYNRGY akan dipanggil untuk interview langsung, dengan tujuan untuk menggali lebih jauh lagi mengenai potensi startup dalam program dan post-program.

Seberapa detail informasi yang harus diberikan saat proses pendaftaran?

Pada saat melakukan pendaftaran, terdapat sejumlah form interview dan deskripsi perusahaan untuk diisi oleh CEO. Semakin detail informasi yang diberikan kepada SYNRGY, maka semakin mudah pula bagi SYNRGY untuk melihat potensi bisnis startup kamu.

Kapan deadline pendaftarannya?

3 bulan dari dibukanya pendaftaran.

Berapa lama jangka waktu SYNRGY Accelerator Program ini?

Kegiatan ini akan dilakukan dengan jangka waktu 3 bulan.

POST PROGRAM

Siapa saja yang hadir dalam Demo Day?

Demo Day akan diadakan di penghujung program. Pada hari tersebut, akan hadir sejumlah pihak BCA, investor, Venture Capital, dan tentunya media yang akan memberikan eksposur terhadap startup yang mengikuti kegiatan ini.

Bagaimana cara Startup mendapat pendanaan di akhir program?

Para startup akan mendapat kesempatan untuk menunjukkan kelayakan dan potensi produk/jasanya pada Demo Day, di mana terdapat sejumlah investor yang akan hadir mendengarkan pitch startup. Para investor dapat memilih kepada siapa mereka akan memberikan pendanaannya.

Apa yang dapat BCA lakukan sebagai lembaga perbankan di akhir program?

BCA tidak dapat melakukan investasi berupa pendanaan bagi pada startup yang terpilih pada program ini, akan tetapi para startup terpilih mendapatkan kesempatan untuk menjalin hubungan kerja sama dengan salah satu bank terbesar di Indonesia di mana kemungkinan untuk berkembang sangat besar bagi pada startup.

Bagaimana bila saya tidak terpilih oleh investor ataupun BCA di akhir program?

Startup yang belum terpilih pun sudah mendapat kesempatan untuk berkembang dari segala aspek perusahaan. Wawasan dan koneksi yang diberikan merupakan aset yang berharga bagi perusahaan untuk dapat berkembang lebih lagi dan meraih pendanaan, investasi, atau menjalin kerjasama di lain kesempatan.

KEHUKUMAN

Akankah BCA melakukan investasi pada startup kami?

SYNRGY (di bawah manajemen PT. Bank Central Asia, Tbk.) tidak menjanjikan pendanaan di muka. Melalui program tersebut, SYNRGY menyajikan kesempatan untuk menjalin kolaborasi dan kerja sama dengan pihak BCA ataupun investor lain yang menjadi bagian dalam Program, bila peserta terlihat memiliki prospek yang baik sesuai kebutuhan pihak BCA atau investor lainnya.

Apakah terdapat jaminan bahwa peserta program akan mendapat investasi atau kerja sama?

Tidak ada jaminan bagi peserta untuk mendapatkan investasi atau kerja sama dengan BCA. Hal tersebut sepenuhnya adalah keputusan BCA dan juga para investor.

Apa yang dapat BCA lakukan sebagai lembaga perbankan di akhir program?

Saat menjadi Ppeserta SYNRGY Accelerator Program, para adalah startup akan mengikatkan diri pada kurikulum yang telah ditetapkan oleh BCA. Tentunya dalam program tersebut dan pengembangan produknya, terdapat sejumlah informasi yang bersifat konfidensial. Peserta harus berkomitmen untuk menjaga kerahasiaan informasi terkait produk dan pengembangannya dan tidak memberitahu pihak ketiga manapun selama berjalannya Program.

Apa saja syarat dan ketentuan bagi kami jika ingin mengikuti program ini?

Syarat dan Ketentuan dapat dilihat selengkapnya di sini.